Beranda | Artikel
Hubungan antara Shalat dan Melihat Wajah Allah - Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin #NasehatUlama
Sabtu, 19 September 2020

Adapun ganjaran terbaik di akhirat adalah memandang wajah Allah subhanahu wa ta’ala, yaitu ketika seorang mukmin melihat Tuhan semesta alam yang Maha Mulia lagi Maha Tinggi, inilah nikmat yang paling sempurna dan paling nikmat. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh kalian akan melihat Tuhan kalian pada hari Kiamat sebagaimana kalian melihat bulan pada malam purnama, kalian tidak saling berdesak-desakan ketika melihatnya.

“Maka, apabila kalian mampu untuk tidak melewatkan shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum tenggelamnya, lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sehingga permintaan ini mengumpulkan permintaan yang paling penting dan paling agung di dunia dan di akhirat. Adapun permintaan yang paling penting di dunia adalah kerinduan untuk berjumpa dengan Allah ‘azza wa jalla dan adapun permintaan yang paling penting dan paling agung di akhirat adalah memandang Allah subhanahu wa ta’ala, memandang Allah subhanahu wa ta’ala yang merupakan nikmat yang paling sempurna, paling besar dan paling mulia. Kita memohon kepada Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Agung karunianya. Disebutkan dalam Shahih Muslim, dan perhatikan betapa agung nikmat ini, diriwayatkan dalam Shahih Muslim dari Nabi kita -Semoga shalawat dari Allah dan salam-Nya terlimpah untuk beliau- bersabda,

“Ketika penduduk surga telah memasuki surga, ….” “Ketika penduduk surga telah memasuki surga, ….” Beliau bersabda: “Ketika penduduk surga telah memasuki surga, …Beliau bersabda: “Ketika penduduk surga telah memasuki surga, Allah ta’ala berfirman kepada para penduduk surga, “Apakah kalian masih menginginkan kenikmatan lain?” Ketika mereka semua sedang menikmati kenikmatan surga, Allah berfirman, “Apakah kalian masih menginginkan kenikmatan lain?” Mereka menjawab, “Bukankah Engkau telah membuat wajah kami bersinar? Bukankah Engkau telah masukkan kami ke dalam surga? Bukankah Engkau telah selamatkan kami dari neraka? Dan Allah berfirman, “Ada sebuah janji untuk kalian yang Aku ingin penuhi janji itu untuk kalian.” Nabi bersabda, “Kemudian Allah menyingkap penutup yang menutupi-Nya, ….”
Nabi bersabda, “Kemudian Allah menyingkap penutup yang menutupi-Nya dan mereka tidak pernah diberikan kenikmatan yang lebih agung dari pada kenikmatan memandang Tuhan mereka ‘azza wa jalla.”

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu yang mulia. Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu yang mulia.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu yang mulia, tanpa penderitaan yang menyengsarakan dan tanpa fitnah yang menyesatkan.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu yang mulia dan kerinduan untuk berjumpa dengan-Mu, tanpa penderitaan yang menyengsarakan dan tanpa fitnah yang menyesatkan.

Ya Allah, hiasilah kami dengan hiasan keimanan dan jadikanlah kami sebagai penunjuk bagi orang-orang yang mendapat petunjuk.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dan aku memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu dan kerinduan untuk untuk berjumpa dengan-Mu, tanpa penderitaan yang menyengsarakan dan tanpa fitnah yang menyesatkan.” (HR. An-Nasa’i)

Wahai orang yang berdoa demikian, wahai orang yang berkata demikian dalam doanya memohon kepada Tuhan-Mu, “Aku memohon kepada-Mu kenikmatan untuk melihat wajah-Mu.” Anda harus mengerti kedudukan shalat, Anda harus memahami pentingnya shalat dan kedudukan shalat dalam meraih perkara yang mulia ini. Perhatikan di sini, dalam hadis yang agung ini, hadis Ammar bin Yasir, bahwa Nabi kita -Semoga shalawat dari Allah dan salam-Nya terlimpah untuk beliau- meminta permintaan yang agung ini dalam shalat beliau. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui adanya keterkaitan yang kuat dan erat antara shalat dan memandang Allah. Perhatikan! Ada keterkaitan yang kuat antara shalat dan memandang Allah tabaraka wa ta’ala. Dan hadis yang telah kita lewati bersama tadi, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh kalian akan melihat Tuhan kalian sebagaimana kalian melihat bulan pada malam purnama, kalian tidak saling berdesak-desakan ketika melihatnya. Apabila kalian mampu ….”

Lihatlah keterkaitan antara shalat dan memandang Allah. “… Apabila kalian mampu untuk tidak melewatkan shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum tenggelamnya, maka lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Meninggalkan shalat, menunda shalat dan melalaikan perkara shalat merupakan beberapa sebab dari terhalangnya seseorang dari kebaikan di dunia dan akhirat, dan di antaranya adalah terhalangi dari melihat Allah ‘azza wa jalla. Jika perlu, silakan Anda baca firman Allah tabaraka wa ta’ala dalam surat Al-Qiyamah.

“Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat. (QS. Al-Qiyamah: 22-23)

Yakni, melihat Allah. Dan Hasan Al Basri -Semoga Allah merahmati beliau- berkata, “Mereka diberi izin untuk melihat-Nya.” Maksudnya, mereka bisa melihat dengan pandangan yang baik lagi indah ketika memandang Allah jalla wa ‘ala, mereka diizinkan untuk hal itu.

“Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat.” (QS. Al-Qiyamah: 22-23)

“Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram, mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat.” “Sekali-kali jangan. Apabila nafas telah (mendesak) sampai ke kerongkongan, dan dikatakan (kepadanya): ‘Siapakah yang dapat menyembuhkan?`” “Dan dia yakin bahwa sesungguhnya itulah waktu perpisahan (dengan dunia), dan bertaut betis (kiri) dan betis (kanan).”

Kepada Tuhanmulah pada hari itu kamu dihalau. (QS. Al-Qiyamah: 24-30)

Lanjutkan…

“Dan ia tidak membenarkan (Al Quran) dan tidak mengerjakan shalat, …” (QS. Al-Qiyamah: 31)

Inilah yang Allah kabarkan tentang keadaan orang-orang dalam firman-Nya, “Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram,

Mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat.” (QS. Al-Qiyamah: 34-35)

Di antara perbuatan mereka adalah mereka
“Dan tidak membenarkan (Al Quran) dan tidak mengerjakan shalat, …” (QS. Al-Qiyamah: 31)

Maka di sinilah adanya hubungan yang kuat tersebut, dalam shalat yang merupakan penghubung antara seorang hamba dengan Tuhan-Nya. Maka, Wahai orang mukmin, Anda wajib menjaga shalat, terutama shalat wajib, dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya untuk menggapai doa yang agung tersebut yang terdapat dalam hadis ini yang Rasulullah -Semoga shalawat dari Allah dan salam-Nya terlimpah untuk beliau- selalu berdoa dengan doa ini,

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kenikmatan melihat wajah-Mu dan kerinduan untuk untuk berjumpa dengan-Mu, tanpa penderitaan yang menyengsarakan dan tanpa fitnah yang menyesatkan.” (HR. An-Nasa’i)

……………………

وَأَمَّا أَحْسَنُ مَا فِي الْآخِرَةِ فَهُوَ رُؤْيَةُ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى أَنْ يَرَى الْمُؤْمِنُ رَبَّ الْعَالَمِينَ جَلَّ وَعَلَا فَهَذَا أَكْمَلُ نَعِيمٍ وَأَلَذُّ نَعِيمٍ

وَقَدْ قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاَةُ وَالسَّلَامُ: إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَمَا تَرَوْنَ الْقَمَرَ لَيْلَةَ الْبَدْرِ لَا تُضَامُّونَ فِي رُؤْيَتِهِ

فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لَا تُغْلَبُوا عَلَى صَلاَةٍ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَصَلاَةٍ قَبْلَ غُرُوبِهَا فَافْعَلُوا

فَإِذَنْ هَذَا الْمَطْلَبُ جَمَعَ أَهَمَّ مَطْلَبٍ وَأَعْظَمَ مَطْلَبٍ فِي الدُّنْيَا وَ الْآخِرَةِ

أَمَّا أَهَمَّ مَطْلَبٍ فِي الدُّنْيَا فَهُوَ الشَّوْقُ إِلَى لِقَاءِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَ أَمَّا أَهَمَّ مَطْلَبٍ وَأَعْظَمَ مَطْلَبٍ فِي الْآخِرَةِ رُؤْيَةَ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى

رُؤْيَةَ اللهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى الَّتِي هِيَ أَكْمَلُ وَأَعْظُمُ وَأَجَلُّ نَعِيمٍ

نَسْأَلُ اللهَ الْكَرِيمَ الْعَظِيمَ مِنْ فَضْلِهِ

جَاءَ فِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ – وَانْظُرُوا فِي عَظَمَةِ هَذِهِ النِّعْمَةِ – جَاءَ فِي صَحِيحِ مُسْلِمٍ عَنْ نَبِيِّنَا صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ قَالَ

إِذَا دَخَلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ… إِذَا دَخَلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ
قَالَ: إِذَا … إِذَا … قَالَ: إِذَا دَخَلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ

قَالَ: إِذَا دَخَلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ يَقُولُ اللهُ تَعَالَى مُخَاطِبًا أَهْلَ الْجَنَّةِ

أَتُرِيدُونَ شَيْئًا؟ – وَهُمْ فِي نَعِيمِ الْجَنَّةِ- يَقُولُ: أَتُرِيدُونَ شَيْئًا؟

فَيَقُولُونَ: أَلَمْ تُبَيِّضْ وُجُوهَنَا؟ أَلَمْ تُدْخِلْنَا الْجَنَّةَ؟ أَلَمْ تُنَجِّنَا مِنَ النَّارِ؟

وَيَقُولُ: إِنَّ لَكُمْ مَوعِدًا وَإِنِّي أُنْجِزُكُمُوْهُ

قَالَ: فَيَكْشِفُ الْحِجَابَ… قَالَ: فَيَكْشِفُ الْحِجَابَ فَمَا أَعْطَوْا شَيْئًا… فَمَا أَعْطَوْا شَيْئًا أَعَظْمَ مِنَ النَّظَرِ إِلَى رَبِّهِمْ عَزَّ وَجَلَّ

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيمِ… اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيمِ… اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيمِ فِي غَيْرِ ضَرَّاءٍ مُضِرَّةٍ وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءٍ مُضِرَّةٍ وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ

اللَّهُمَّ زَيِّنَّا بِزِيْنَةِ الْإِيْمَانِ وَاجْعَلْنَا هُدَاةَ المُهْتَدِينَ

قَالَ: وَأَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءٍ مُضِرَّةٍ

يَا مَنْ تَقُوْلُ فِي دُعَائِكَ… يَا مَنْ تَقُوْلُ فِي دُعَائِكَ مُنَادِيًا رَبَّكَ: أَسَأَلَكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ

عَلَيْكَ أَنْ تَعْلَمَ قِيْمَةَ الصَّلَاَةِ، عَلَيْكَ أَنْ تَعْلَمَ قِيْمَةَ الصَّلَاَةِ وَ مَكَانَةَ الصَّلَاَةِ فِي نَيْلِ هَذَا الْمَطْلَبِ الْعَظِيمِ

وَانْظُرْ هُنَا فِي هَذَا الْحَديثِ الْعَظِيمِ حَديثِ عَمَّارِ بْن يَاسِرٍ يَسْأَلُ نَبِيُّنَا صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ هَذَا السُّؤَالَ الْعَظِيمَ فِي صَلَاتِهِ

وَلِهَذَا يَجِبُ أَنْ تَعْلَمَ أَنَّ ثَمَّةَ اِرْتِبَاطٌ عَظِيمٌ كَبِيرٌ بَيْنَ الصَّلَاَةِ وَ بَيْنَ رُؤْيَةِ اللهِ، اِنْتَبِهْ! ثَمَّةَ اِرْتِبَاطٌ عَظِيمٌ بَيْنَ الصَّلَاَةِ وَبَيْنَ رُؤْيَةِ اللهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى

وَالْحَديثُ الَّذِي مَرَّ مَعَنَا قَرِيبًا قَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاَةُ وَالسَّلَامُ: إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ الْقَمَرَ لَيْلَةَ الْبَدْرِ لَا تُضَامُّونَ فِي رُؤْيَتِهِ فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ – انْظُرُوْا الْاِرْتِبَاطَ بَيْنَ الصَّلَاَةِ وَالرُّؤْيَةِ – فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لَا تُغْلَبُوا عَلَى صَلاَةٍ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَصَلاَةٍ قَبْلَ غُرُوبِهَا فَافْعَلُوا

تَضْيِيْعُ الصَّلَاَةِ وَإِهْمَالُ الصَّلَاَةِ وَتَفْرِيطٌ وَالتَّفْرِيطُ فِي أَمْرِ الصَّلَاَةِ مِنْ أَسْبَابِ الْحِرْمَانِ… أَسْبَابِ الْحِرْمَانِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

وَمِنْ ذَلِكَ الْحِرْمَانِ مِنْ رُؤْيَةِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ وَإِنْ شِئْتَ أَيْضًا فَاقْرَأْ قَوْلَ اللهِ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى فِي سُورَةِ الْقِيَامَةِ

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ
اَلْقِيَامَةُ اَلْآيَةُ 22 – 23

أَيْ تَنْظُرُ إِلَى اللهِ، يَقُولُ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ رَحِمَهُ اللهُ حُقَّ لَهَا أَنْ تَنْظُرَ يَعْنِيْ أَنْ تَكُونَ نَاظِرَةً حَسَنَةً بَهِيَّةً وَهِيَ تَنْظُرُ إِلَى اللهِ جَلَّ وَعَلَا، حُقَّ لَهَا ذَلِكَ

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ
اَلْقِيَامَةُ اَلْآيَةُ 22 – 23

وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ بَاسِرَةٌ تَظُنُّ أَن يُفْعَلَ بِهَا فَاقِرَةٌ

كَلَّا إِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ وَقِيلَ مَنْ ۜ رَاقٍ وَظَنَّ أَنَّهُ الْفِرَاقُ وَالْتَفَّتِ السَّاقُ بِالسَّاقِ

إِلَىٰ رَبِّكَ يَوْمَئِذٍ الْمَسَاقُ
اَلْقِيَامَةُ اَلْآيَةُ 24 – 30

…أَكْمِلْ

فَلَا صَدَّقَ وَلَا صَلَّىٰ
اَلْقِيَامَةُ اَلْآيَةُ 31

هذا الّذِي قَالَ اللهُ عَنْهُ
وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ بَاسِرَةٌ

تَظُنُّ أَن يُفْعَلَ بِهَا فَاقِرَةٌ
اَلْقِيَامَةُ اَلْآيَةُ 24 – 25

مِنْ أَعْمَالِهِمْ لَا صَدَّقَ وَلَا صَلَّى

فَفِيهِ اِرْتِبَاطٌ عَظِيمٌ بَيْنَ الصَّلَاَةِ الَّتِي هِيَ صِلَةٌ بَيْنَ الْعَبْدِ وَرَبِّهِ وَلِهَذَا عَلَيْكَ أَيُّهَا الْمُؤْمِنُ أَنْ تُحَافِظَ عَلَى الصَّلَاَةِ وَلَا سِيَّمَا الْمَفْرُوضَةِ

وَأَنْ تَحْرِصَ فِيهَا عَلَى هَذِهِ الدَّعْوَةِ الْعَظِيمَةِ الْوَارِدَةِ فِي هَذَا الْحَديثِ الَّتِي كَانَ يَدْعُو بِهَا رَسُولُ اللهِ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسَأَلَكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءٍ مُضِرَّةٍ وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ


Artikel asli: https://nasehat.net/hubungan-antara-shalat-dan-melihat-wajah-allah-syaikh-abdurrazzaq-bin-abdul-muhsin-nasehatulama/